01 May 2005

Radio

Mbak Indah pernah ngomong begini suatu kali,
"Kalo ada award di perusahaan ini, gua rela deh kasih satu buat elu: Karyawan Paling Budek!" Hahaha...

Ya ya ya... di tempat kerja memang saya suka sengaja pengen budek. Sebudek-budeknya budek. Kalo udah gitu, cuma ada saya, musik dan kerjaan. Lalu saya membiarkan diri tenggelam berjam-jam, setelah sebelumnya pasang sign: "Kalo ada perlu, toel aja ya. Saya lagi budek."

Tapi yang lebih sering bikin saya budek bukan musik dari MP3, winamp, discman, launch yahoo, atau sebutin deh perangkat musik lain yang lebih canggih. Saya lebih sering budek kalo udah pakai earphone dari walkman kesayangan yang selalu tersimpan rapi di laci nomor 3 di meja kantor. Old fashioned? Sebodo! Saya lebih memilih walkman saya itu, Aiwa JS 389 yang dibeli sekitar 3-4 tahun lalu dengan duit hasil meronce mute dan payet. Waktu itu ada pameran elektronik di Jalan Aceh. Saya ngebet beli, karena saya kira harga pameran lebih murah dan itu benda idaman sejak jaman kuliah. Tapi ternyata harganya 140 ribu lebih mahal daripada di Jalan ABC! Shit!. Waktu itu belinya pas lagi kopdar sama teman chat di MIRC, nicknya bonava. Seumur-umur, dia teman chat ke-2 yang pernah saya kopdar-i, sumpe pocong deh! Itu anak trus kerja di Bekasi, trus dikirim ke Korea, trus ngilang aja gitu, wuzzzz... Kopdar pertama saya sama seorang penjaga warnet di daerah TMP Cikutra yang baik hati dan punya nick ardhy_29, sekarang mungkin dia sudah punya anak dua.

Eh, mau ngomong apa sih tadi? Kok jadi ngelantur omong tentang kopdar?
Oya, radio! (Come on girl! Focus! Focus!)

Back to topic.
Entah sejak kapan saya lebih suka pasang radio daripada muter kaset atau CD.
Dalam hal kaset atau CD, karena saya udah hafal banget urutan lagu-lagunya, kadang jadi nggak exciting lagi. Kecuali lagi kangen, tumpukan kaset-kaset itu jadi tara ditoel-toel acan. Pas ditoel lagi, suaranya jadi ngageol, rada-rada sember. Jadi males deh. Saya jadi sedih, takut koleksi Cranberries dan The Corrs saya jadi ikut-ikutan ngageol semua. Ada yang bilang, masukin kulkas seharian, ntar bener lagi. Ooo? Trus abis dikeluarin dari kulkas, digimanain? Dilap handuk lantas dijemur, gitu? Saya belum berani coba ah, takut malah tambah parah.

Ih, kok melenceng lagi ya?
(Come on, Grandma! Focus! Focus!)

Ok, ok. Back to topic again.
Dari album The best of Incognito, kuping saya udah sangat familiar, kalau lagu Roots di Side B itu hampir habis, sebentar lagi saya bakal denger intro A Shade of Blue. Meskipun itu termasuk lagu favorit saya, tapi sometimes it's just so... hm... apa ya? So predictable. Sehingga bahkan sebelum intro terdengar pun, emosi saya sudah terlebih dulu menata diri untuk bikin setting yang pas. Nggak asik ah.

Beda jauh kalo dengerin radio. Saya nggak pernah tau lagu apa yang bakal saya denger 3 menit berikutnya. Nih.. nih... kayak sekarang nih contohnya, saya lagi manteng di Sunday in Love-nya Ramako FM dan sekarang di kuping saya lagi mengalun duet Brian Adams dan Barbra Streisand, I Finally Found Someone. Dan wuzzz... seperti ada yang menculik memori saya sebentar ke film The Mirror Has Two Faces. Saya suka pemikiran si perawan tua intelek Rose Morgan di film itu. Kadang saya berpikir, probably I will end up like her, but never mind, hahaha...

Lalu... eh, lagunya ganti lagi.
Dan sekarang lagu itu, siapa ya yang nyanyi?
Agak-agak lupa.

...
looking for the reason
roaming through the night to find
my place in this world
my place in this world

Aha! Michael W. Smith!
Jadi inget. Suatu sore saya pernah ngajak Si Hidung Istimewa menaiki genting rumah saya di Ujungberung. Itu salah satu sisi rumah yang paling saya suka. Tempatnya terbuka dan agak berangin. Waktu pohon belimbing belum ditebang, saya suka naik genting demi buahnya yang sepet-sepet seger itu. Lalu duduk di pingiran talang, menikmati belimbing sambil memandangi puncak Manglayang. Sore itu, belum ada belimbing yang bisa dipetik, tapi kuping saya sempat menangkap suara Si Hidung Istimewa bersenandung sayup-sayup, my place in this world.. my place in this world... Uh... rasanya nggak metik belimbing berbulan-bulan pun tak apa deh... hahaha...

See what I mean?
That's what I like about radio.
The excitement of not knowing anything we're about to get.
Just like LIFE itself.

1 Comments:

Blogger suss said...

duh Jeng, saya belom familiar sama radio-radio di Jakarta. paling-paling ya mantengnya cuma di Trijaya FM, soalnya bisa sambil terus ikutin berita, dan pilihan lagu-lagunya pas di kuping. Tapi kalo Kamis malam saya suka ceramahnya Siwo Agus Hidayat di Ramako tiap jam 21.00. Telaahnya mendalam, masuk ke hati, tapi lewat kepala dulu. Ntar malem nih!

12 May, 2005 16:03  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home